PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TRUE OR FALSE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPS

Fitri, Mutiara (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TRUE OR FALSE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0180_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0180_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0180_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0180_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif true or false terhadap aktivitas belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Magersari 2 Kota Magelang. Metode penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding (Arikunto, 2013: 212). Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan varibel terikat, dimana variabel bebas yaitu model pembelajaran aktif true or false dan variabel terikat yaitu meningkatkan aktivitas belajar IPS. Instrumen penelitian yang digunakan berupa selembaran angket dan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Magersari 2 Kota Magelang sejumlah 198 siswa, namun untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa dari kelas IV SD Negeri Magersari 2 Kota Magelang yang dijadikan sasaran sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-Tes untuk menguji pengaruh aktivitas belajar IPS siswa sebelum dan sesudah perlakuan berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran aktif true or false dapat meningkatkan aktivitas belajar dimana hasil analisi data menunjukan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, artinya terdapat perbedaan aktivitas belajar IPS siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini dapat dimaknai bahwa pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran aktif true or false dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model konvesional atau ceramah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran aktif true or false terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Magersari 2 Kota Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.Si., Kons (0002086001) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar IPS, Model Pembelajaran Aktif True Or False
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:43
Last Modified: 19 Sep 2019 01:52
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item