EFEKTIVITAS METODE MEMBACA TANPA MENGEJA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Akbar, Muhammad Rizqi (2017) EFEKTIVITAS METODE MEMBACA TANPA MENGEJA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0188_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0188_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0188_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0188_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas metode membaca tanpa mengeja untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas I di SD IT Muhammadiyah Bandongan. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas I yang berjumlah 25 siswa. Populasi penelitian ini adalah 25 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. variabel penelitian menggunakan 2 variabel yaitu Hasil belajar Bahasa Indonesia dan metode membaca tanpa mengeja berbantuan media flascard. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran membaca tanpa mengeja menggunakan flascard dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas I SD IT Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang. Peningkatan hasil belajar belajar ini nampak pada pembelajaran siklus 1 ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 16% mengalami peningkatan pada siklus 2 dimana ketuntasan belajar menjadi 100% dan pada siklus. Nilai rata-rata kelas selama pembelajaran IPA juga meningkat dimana pada siklus 1 memiliki nilai rata-rata kelas 65, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 81.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si.(0012045601) dan Rasidi, M.Pd.(0620098801)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Bahasa Indonesia, Membaca tanpa mengeja
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:07
Last Modified: 19 Sep 2019 02:07
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item