PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF MONOPOLI MATEMATIKA (MONIKA) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Iswahyudi, Iswahyudi (2017) PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF MONOPOLI MATEMATIKA (MONIKA) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0003_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0003_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0003_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0003_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif monopoli matematika (monika) terhadap peningkatan hasil belajar Matematika. penelitian dilakukan pada siswa kelas 2 SD Negeri Krincing kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design perlakuan hanya diberikan kepada kelas eksperimen. Sample penelitian dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sample penelitian. Sampel penelitian terdiri dari 41 siswa, 21 siswa kelas 2A dan 20 siswa kelas 2B kelas 2A sebagai kelas kontrol dan kelas 2B sebagai kelas eksperimen. Ada dua varibel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu: hasil belajar sebagai variabel terikat, serta permainan edukatif monopoli matematika (monika) sebagai variabel bebas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann- Whiteny U test. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan edukatif monopoli Matematika (monika) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar Matematika. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon data pretes dan postes kelas eksperimen yang menunjukan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 uji tersebut membuktikan adanya perbedaan skor rata-rata pretes dan postes kelas eksperimen. Hasil uji Mann- Whiteny U test data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan hasil 0,037 < 0,005 uji Mann- Whiteny U test tersebut membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor postes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan edukatif monopoli Matematika (monika) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SD Negeri Krincing tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si. (0611098203) dan Ela Minchah LA, M.Psi, Psi.(0606018701)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Permainan Edukatif Monopoli Matematika (Monika)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:26
Last Modified: 19 Sep 2019 02:26
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item