PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SD

Qutsiyati, Any (2017) PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SD. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0023 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0023 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0023 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0023 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar Matematika materi volume bangun ruang kelas V SD. Desain penelitian dengan Quasi Experiment Pretest-Posttest Control Group Design .Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu sampling jenuh dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat berupa hasil belajar matematika rumuas volume bangun ruang, serta variabel bebas berupa model pembelajaran inkuiri. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes. Pengujian hipotesis menggunakan One-Way ANOVA dengan bantuan program SPSS 21.00 for Windows. Berdasarkan hasil uji ANOVA dapat disimpulkan bahwa keadaan awal kedua kelompok setara berdasarkan uji pre test, kemudian terjadi perbedaan yang signifikan setelah dilakukannya perlakuan. Berdasarkan uji post test di dapat nilai signifikan 0,002 yang berarti bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. (0012096606) dan Astuti mahardika, M.Pd. (0626118702)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:03
Last Modified: 19 Sep 2019 03:03
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item