PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUMBER ENERGI

NISA’, ANIS KHOIRUN (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUMBER ENERGI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0032_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0032_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0032_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran numbered heads together (NHT) terhadap peningkatan hasil belajar sumber energi pada siswa kelas II SD Negeri Kalinegoro 5 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen, dengan desain Quasi Experiment Pretest-Posttest Control Group dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas II SDN Kalinegoro 5 pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Terdiri dari 52 subjek penelitian, 27 siswa kelas eksperimen dan 25 kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest). Analisis yang digunakan adalah Man Whitney-U berbantu program SPSS 21.00 for Windows. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran numbered heads together (NHT) terhadap peningkatan hasil belajar materi sumber energi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model numbered heads together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar materi sumber energi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest kelas eksperimen. Hasil penelitian pada kelas eksperimen yang didapatkan adalah 66,96 atau 33% untuk skor pretest dan 89,19 atau 100% untuk skor posttest, sedangkan pada kelas kontrol 55,36 atau 12% untuk skor pretest dan 69,92 atau 32% untuk skor posttest. Berdasarkan analisis terdapat perbedaan signifikan analisis data akhir (posttest) yang dibuktikan dengan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Keputusan yang diperoleh adalah Ho ditolak karena 0,000 < 0,05 maka data signifikan. Artinya siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan hasil belajar tentang materi sumber energi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model numbered heads together (NHT) berpengaruh terhadap peningkartan hasil belajar IPA materi sumber energi.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Tawil, M.Pd., Kons,(0008015701) Agrissto Bintang A.P, M.Pd,(0605078801)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:10
Last Modified: 18 Oct 2021 02:10
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item