PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI SUPER TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN JARIMAGIC

Wahyuni, Sarah Endah (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI SUPER TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN JARIMAGIC. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0096_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0096_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0096_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0096_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Rambeanak 2 Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan operasi hitung perkalian dengan menggunakan model pembelajaran Super Teams Games Tournament dan jarimagic. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III dengan jumlah 20 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes evaluasi dan dokumentasi. Validitas instrument diproses melalui dosen ahli dan kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila nilai ratarata kelas mencapai KKM yaitu 75 dan persentase banyaknya siswa yang tuntas minimum 65% Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika melalui Super Teams Games Tournament dan jarimagic siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan dengan nilai 67 meningkat pada siklus I yaitu 74 kemudian meningkat kembali pada siklus II yaitu 80. Selain itu dari data observasi diperoleh sebelum diberikan tindakan siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktif baik pada saat kegiatan tanya jawab maupun pada saat kegiatan kelompok.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Rasidi, M.Pd (0620098801)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, model Super Teams Games Tournament, Jarimagic.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:17
Last Modified: 19 Sep 2019 04:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item