PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA

Hanida, Alfia Nufu (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0107_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0107_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0107_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0107_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran index card match berbasis lingkungan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu Model Pembelajaran Index Card Match Berbasis Lingkungan (X) dan variabel terikat yairu Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Y). Subjek penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedungsari 5 dengan jumlah 69 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Index Card Match berbasis lingkungan mampu meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan sebesar 31,71 pada kelas eksperimen dibandingkan pada kelas kontrol sebesar 18,97 yang hanya diberikan pembelajaran biasa. Sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,031 < 0,05, hal ini berarti terdapat perbedaan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan dan yang tidak diberi perlakuan. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Index Card Match berbasis lingkungan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Kata kunci : Model Pembelajaran Index Card Match Berbasis Lingkungan, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd.(0007085701) dan Astuti Mahardika, M.Pd. (0626118702)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:22
Last Modified: 23 Sep 2019 02:22
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item