PENGARUH STRATEGI FUN LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI KEBUTUHAN TUBUH

Nur'aini, Novi (2017) PENGARUH STRATEGI FUN LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI KEBUTUHAN TUBUH. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0118 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (702kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0118 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0118 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0118 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi fun learning terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-test and post-test group dengan subjek penelitian siswa kelas I SD N Blondo 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest). Analisis yang digunakan adalah uji t paired sample dengan membandingkan nilai pretest dan posttest. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi fun learning terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah strategi fun learning berpengaruh secara positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh siswa kelas I SD N Blondo 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberi perlakuan strategi fun learning. Rata-rata nilai pretest sebelum perlakuan adalah 57,92, sedangkan nilai posttest sesudah diberi perlakuanya itu 88,75. Peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh dapat dilihat dari hasil uji t paired sample yang menunjukkan nilai signifikasi = 0,000 (kurang dari 0,05) dan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 12,454 > 0,404. Hal tersebut berarti ada peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh yang signifikan setelah dilakukan treatment, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi fun learning berpengaruh secara positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan Ahmad Syarif,M.Or. (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Strategi Fun Learning, Prestasi Belajar IPA Materi Kebutuhan Tubuh.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:26
Last Modified: 23 Sep 2019 02:26
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item