PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR BERBASIS NYANYIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Jaya, Amiyati Indah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR BERBASIS NYANYIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0166_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0166_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0166_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0166_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan Model Pembelajaran TANDUR berbasis nyanyian pada siswa kelas II SD Negeri Geneng 1. Peningkatan hasil belajar mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II yang terdiri dari 19 siswa putra dan 11 siswa putri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melaksanakan tes tertulis dan proyek, observasi serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel input (hasil belajar siswa kelas II SD N Geneng 1 masih rendah), variabel proses (kegiatan pembelajaran di kelas II melalui penerapan Model Pembelajaran TANDUR berbasis nyanyian), dan variabel output (meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II SD N Geneng 1 melalui Model Pembelajaran TANDUR berbasis nyanyian). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan di ketiga aspek pembelajaran. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif mengalami peningkatan dari 33,33% kemudian meningkat menjadi 73,33%. Hasil pengamatan aktivitas guru ketika pembelajaran mengalami peningkatan dari 55,00% kemudian meningkat menjadi 80,00%. Hasil belajar siswa pada aspek afektif mengalami peningkatan dari 53,50% kemudian meningkat menjadi 70,33%, serta hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik mengalami peningkatan dari 46,17% kemudian meningkat menjadi 71,00%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd.(0028036001) dan Galih Istiningsih, M.Pd.(0619018901)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TANDUR berbasis Nyanyian, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:04
Last Modified: 23 Sep 2019 03:04
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item