PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TYPE STRUCTURED DYADIC METHODS TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Astari, Anisia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TYPE STRUCTURED DYADIC METHODS TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0180_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (761kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0180_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0180_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0180_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn type structured dyadic methods terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest and posttest control group design dengan subjek penelitian siswa kelas V SD N Jogomulyo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang yang berjumlah 43 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas kontrol 21 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket (pretest dan posttest). Analisis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney dengan membandingkan hasil pretest dan posttest. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn type structured dyadic methods terhadap minat belajar IPS. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah model pembelajarn type structured dyadic methods berpengaruh secara positif terhadap minat belajar pada mata pelajarn IPS siswa kelas V SD N Jogomulyo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajarn type structured dyadic methods. Rata-rata hasil pretest sebelum perlakuan untuk kelas eksperimen adalah 73,73 dan kelas kontrol 73,00, sedangkan hasil posttest sesudah diberi perlakuan untuk kelas eksperimen adalah 83,32 dan kelas kontrol 75,57. Peningkatan minat belajar IPS dapat dilihat dari hasil uji Mann-Whitney yang menunjukkan nilai signifikansi = 0,01 (< 0,05). Hal tersebut berarti ada pengaruh model pembelajarn type structured dyadic methods yang signifikan setelah diberikan treatment, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran type structured dyadic methods berpengaruh positif terhadap minat belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M. Si., Psi. (0614107401) dan Tabah Subekti. M.Pd.(0601118402)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Type Structured Dyadic Methods, Minat Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:43
Last Modified: 23 Sep 2019 03:43
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item