KAJIAN ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI PODOSOKO II SAWANGAN MAGELANG

Nurhayati, Esti (2019) KAJIAN ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI PODOSOKO II SAWANGAN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0008_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (976kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0008_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0008_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0008_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0008_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman konsep matematika pada materi bangun datar siswa kelas IV SD Negeri Podosoko Sawangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan satu jenis variabel, yaitu kesulitan pemahaman konsep matematika materi bangun datar yang termasuk variabel dependen (terikat). Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Podosoko Sawangan yang dipilih secara acak. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal mengenai kesulitan pemahaman konsep matematika bangun datar siswa antara lain (1) siswa masih mengalami kesulitan dalam menyampaikan kembali konsep bangun datar (2) siswa masih mengalami kesulitan menerapkan konsep pada permasalahan (3) sebagian siswa belum mampu untuk menyajikan konsep secara representasi matematis, (4) siswa masih mengalami kesulitan pada saat mengaplikasikan konsep menggunakan algoritma yang tepat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Sugiyadi, M.Pd. Kons. dan Ela Minchah L.A., M.Psi.Psi.(Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: kesulitan pemahaman konsep, bangun datar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:01
Last Modified: 24 Apr 2019 07:01
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item