EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA MIND MAPP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Khamilin, Khamilin (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA MIND MAPP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0031_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (897kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0031_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0031_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0031_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Index Card Match berbantuan media Mind Mapp untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDIP Salsabila Al Ikhsan Mungkid. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc Taggart dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III semester II SDIP Salsabila Al Ikhsan Mungkid yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Index Card Match berbantuan media Mind Mapp berpengaruh secara positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut terbukti dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada masing-masing siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa saat pratindakan mencapai 70,32 dengan persentase tuntas belajar klasikal 42,10%. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I meningkat menjadi 77,79 dan persentase tuntas belajar klasikal 68,42%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata hasil belajar mencapai 81,42 dan persentase tuntas belajar klasikal pun meningkat menjadi 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Index Card Match berbantuan media Mind Mapp dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi pokok Gerak Benda di kelas III SD Islam Plus Salsabila Al Ikhsan Mungkid.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Media Mind Mapp, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:21
Last Modified: 24 Apr 2019 07:21
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item View Item