PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA “MAGIC TIME” TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Hardiningsih, Lukitasari (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA “MAGIC TIME” TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0169_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0169_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0169_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0169_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0169_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick dengan media magic time terhadap keaktifan belajar siswa kelas II SD Negeri Payaman 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan model Nonequi-valen Control Group Design. Subjek penelitian mengunakan seluruh sampel yang ada (totality sampling). Sampel yang ada sejumlah 48 siswa. 24 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol metode pengumpulan data dilakukan dengan angket keaktifan belajar siswa. Uji validitas instrument angket siswa mengunakan seorang yang ahli untuk mevalidasi instrumen, setelah data dikatakan valid hasil dihitung mengunakan bantuan program SPSS for windows versi 23. Uji reabilitas mengunakan rumus crobach alpa dengan bantuan program SPSS for windows versi 23. Uji prasarat analisis terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas. Analisis data mengunakan analisis statistic parametric one way ANOVA bantuan program SPSS for windows versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran talking stick dengan media magic time berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data pada kelompok eksperimen dan kontrol mengunakan analisis statistic parametric one way ANOVA dengan nilai signifikansi 0,0005 < 0,05 maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata skor posttest antara eksperimen sebesar 83,13 dan kelompok kontrol sebesar 78,17. Hasil dari penelitian dapat simpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran talking stick dengan media magic time berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas II SD N Payaman 1.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd dan M. A. Noviudin, M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode talking stick, magic time, keaktifan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:44
Last Modified: 25 Apr 2019 03:44
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item