PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA BUTTONS PUZZLE UNTUK MENGEMBANGKANKETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK (Penelitian Pada Anak Didik Kelompok A Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Seruni IX Nampurejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo)

Suryani, Parti (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA BUTTONS PUZZLE UNTUK MENGEMBANGKANKETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK (Penelitian Pada Anak Didik Kelompok A Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Seruni IX Nampurejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0048_Bab1,Bab2,Bab3,Bab5,Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (863kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0048_Bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0048_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0048_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0048_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan keterampilan motorik halus pada anak di TK Seruni IX Nampurejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo kelompok A usia 4-5 tahun. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Subjek dari penelitian ini adalah 15 anak di kelompok A TK Seruni IX Nampurejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo semester I tahun ajaran 2018/2019.Data penelitian tindakan kelas ini dikumpulkan melalui metode unjuk kerja menggunakan lembar unjuk kerja.Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus.Pada setiap siklus terdapat 5 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata prosentase keterampilan motorik halus anak adalah 58,73% berada pada kriteria belum berhasil, sedangkan pada siklus II terjadi perkembangan yang signifikan dengan rata-rata prosentase keterampilan motorik halus anak mencapai 81,81% berada pada kriteria berhasil. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat perkembanganrata-rata prosentase keterampilan motorik halus anak kelompok A TK Seruni IX NampurejoKecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo pada siklus I dan siklus II sebesar 23,08%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual melalui media buttons puzzle dapat mengembangkan keterampilan motorik halus pada anak di TK Seruni IX Nampurejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo kelompok A usia 4-5 tahunsemester I tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi dan Khusnul Laely, M. Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual, buttons puzzle, keterampilan motorik halus
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:06
Last Modified: 25 Apr 2019 04:06
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item