PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA NONFIKSI (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD N Salamkanci 1 Kabupaten Magelang)

Laila N. Q, Rachmadhani (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA NONFIKSI (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD N Salamkanci 1 Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0040_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (897kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0040_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0040_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0040_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0040_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inquiri dengan media kartu bergambar terhadap keterampilan menulis cerita nonfiksi siswa kelas V SD Negeri Salamkanci 1 Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre- Experimental Design, khususnya tipe one grup pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Data diperoleh melalui pre test dan post test dan diakhiri menggunakan uji non parametrik yaitu dengan Uji Wilcoxon. Alasan Peneliti menggunakan uji Wilcoxon dikarenakan subjek yang digunakan berjumlah kecil dan data berdistribusi tidak normal. Berdasarkan hasil uji statistic diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu .000 < 0,05 dan Z skor sebesar -4.018. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pretest dan posttest pada hasil keterampilan menulis cerita nonfiksi. Dengan demikian pembelajaran inquiri dengan media kartu bergambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita nonfiksi pada siswa kelas V di SD Salamkanci 1 Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Hermahayu, M.SI. dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran inquiri, media kartu bergambar, keterampilan menulis cerita nonfiksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:29
Last Modified: 15 Oct 2020 01:29
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

View Item View Item